Tadabbur Surah Al Baqarah ayat 186 (Bagian 2)

Aku lanjut ya dari postingan ini. Disitu kita kupas ayat 186 dari Quran Surah Al Baqarah. Ayat tersebut merupakan firman Allah yang memberitahu manusia bahwa Dia itu Dekat, Allah juga seakan menenangkan kita yang ragu, bahwa Dia tidak akan mengecewakan doa orang yang berdoa kepadaNya. 

Allah berdasarkan prasangka hambaNya
Sebegitu besar kecintaaan dan kedekatan Allah kepada kita hambaNya yang banyak salah, membuat Dia tetap menunggu untuk akhirnya kita kembali padaNya. 💔 Kembali bersimpuh penuh kerendahan di hadapan Sang Raja yang Maha Penyayang.

Bila di postingan sebelumnya membahas tentang Allah yang berbicara pada kita, sekarang giliran kita lah yang berbicara kepadaNya. 
فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي
"Maka setidaknya, mereka pun harus mencoba menjawabKu juga." 
Tapi, Bagaimana bisa menjawab sebuah suara yang tidak pernah kita dengar? 
Dengarkanlah firmanNya. Bacalah Al QuranNya.

Bersikap awas lah pada bisikan syaitan yang pasti akan datang menghadang keinginan baik kita. Pernah melintas kata-kata seperti ini? "Al Quran itu sangat sulit, akan membuat hidupmu sulit, jika kamu baca al Quran, kamu jadi punya tanggung jawab, lebih baik tidak dibaca. Jika dibaca maka sungguh kamu dalam masalah. Maka sebaiknya kamu tidak tahu, cukup dengarkan saja, lebih baik pula tidak bisa berbahasa Arab, karena bila kamu paham bacaan Imam, maka kamu harus lakukan perubahan malam ini." Mereka benar-benar tidak ingin kita kembali pada Allah dengan wajah penuh kebahagiaan.
وَلْيُؤْمِنُوا بِي  
"Mereka harus percaya kepadaKu."
Ketahuilah kawan muslimku tercinta. Ketika Allah meminta sesuatu, Dia tidak meminta untuk keuntunganNya. Tidak sama sekali. Semua akan kembali untuk diri kita sendiri. 
...إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ
"Jika kamu  berbuat baik, (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri... (QS. Al Furqan ayat 7).
وَمَنْ جَاهَدَ فَإِنَّمَا يُجَاهِدُ لِنَفْسِهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ لَغَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ
"Dan barangsiapa yang berjihad, maka sesungguhnya jihadnya itu adalah untuk dirinya sendiri. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam." (QS Al Ankabuut ayat 6).

Allah meminta kita untuk percaya bahwa Dia tidak ingin mempersulit hambaNya, Dia ingin segalanya jadi mudah untuk kita. Percayalah, tidak ada yang lebih peduli pada diri kita selain Allah, tidak ada yang lebih mencintai kita selain Allah, maka dengarkan saja nasihatNya. Ini untuk diri kita sendiri. Ini betuk cinta dari Allah, Allah menghendaki kemudahan, itulah rencanaNya. 

Itulah sebab mengapa Dia menurunkan Al Quran melalui makhluk terbaik sepanjang masa. 
لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
"Sehingga mereka dapat berada di jalur yang lurus."
:( Allah tahu, dalam hidup kita itu banyak belokan yang berbeda-beda. Banyak masalah yang membuat kita keluar jalur. Dan Allah seakan berkata, "Jika kamu memenuhi perintahKu, tidak peduli seberapa kuat anginnya, seberapa buruk cuacanya, seberapa sulit jalannya, betapapun banyaknya tantangan di depanmu, Aku akan pastikan kamu tetap berjalan di jalan yang benar, tidak akan keluar dari jalur." 😭 

Saat meminta doa, kita tidak bisa mengatakan, “Aku cukup yakin tidak akan dikabulkan tapi baiklah aku akan tetap meminta.” Doa itu tidak akan berhasil jika yang mengucapkannya tidak yakin. 😔

Rasulullahﷺ pernah bersabda:

الْقُلُوْبُ اَوْعِيَةٌ وَبَعْضُهَا اَوْعٰى مِنْ بَعْضٍ فَاِذَا سَاَلْتُمُ اللّٰهَ اَيُّهَا النَّاسُ فَاسْاَلُوْهُ وَاَنْتُمْ مُوْقِنُوْنَ بِالْاِجَابَةِ فَاِنَّهٗ لَا يَسْتَجِيْبُ لِعَبْدٍ دَعَاهُ عَنْ ظَهْرِ قَلْبٍ غَافِلٍ

"Hati  manusia itu  bagaikan wadah, sebagian di antaranya lebih memuat daripada   sebagian yang   lain. Karena  itu, apabila  kalian meminta kepada  Allah,   hai  manusia,  mintalah kepada- Nya, sedangkan hati kalian merasa yakin diperkenankan;  karena   sesungguhnya Allah tidak akan mengabulkan bagi hamba yang berdoa    kepada- Nya dengan hati yang lalai."

Berat, kan? 

Itulah kenapa Allah berkata, penuhi perintahKu, dan percayalah kepadaKu. Yakinlah dengan tulus kepada Allah, keadaanmu bisa jadi adalah hal yang paling mustahil, tapi ini Allah! Tuhan yang sama yang membuat api menjadi dingin. Allah! Yang sama membuat laut terbelah. Allah! Yang sama membuat para pemuda tertidur selama 300 tahun.

Ini adalah Allah yang menciptakan dunia. Berdoa pada Allah yang sama, Yang Maha Kuat, Yang bisa mengubah segala kenyataan, keadaan yang memberikan kekuatan pada hal yang paling mustahil.

Kenapa yakin dikabulkan juga terasa berat? Karena kamu sedang melawan syaitan yang berusaha mengaburkan keyakinan itu. 💔 Maka berusaha lah untuk menutup telinga dari syaitan dengan cara banyak beristighfar, khusyuk dalam shalat dan rutin mentadabburi perkataan-perkataanNya.

Kita tidak memiliki kekuatan untuk mengatasi masalah kita sendiri, kekuatan itu hanya bisa datang dari Allah. Tidak akan datang, sampai kita memohon dan berdoa kepadaNya. Sampai kita mengakui kelemahan dan berkata, "Ya Allah saya tidak bisa, saya tidak mampu. Yang aku inginkan itu lemah, pun aku lemah. Hanya Engkaulah yang kuat. Engkaulah yang mengabulkan doaku, dan memberikan kekuatan."

Semoga Allah menguatkan kita melakukan hal-hal yang dicintaiNya, menjaga keyakinan kita dan mengabulkan setiap doa baik kita. Aamiin yaa rabbal 'alamiin. 🌦

Still Midday,
Bukit Baruga
Back to Top