31 Bulan - Boost Cognitive Skill

Okay, sudah waktunya aku mencatat perkembangan Ahnaf usia 2 tahun, atau lebih tepat 33 bulan. Alhamdulillah, Ahnaf semakin mandiri, tertarik banyak hal dan sangat talkactive. Kesempatan emas bagiku untuk memanfaatkan semangat belajarnya dari Allah. 

Daaan, entah mengapa aku merasa kehilangan masa emas Ahnaf bila tidak merencanakan dan mengevaluasi kegiatan terstruktur untuk menstimulus blueprint dari Allah. Untuk itu, mulai hari ini, aku menyusun program kegiatan berdasarkan fitrahnya dan dari pedoman terbaik umat manusia, al-Qur'an. Banyak yang mesti dipersiapkan: 

1. Aku harus menentukan prioritas ilmu dan menyusun sub ilmu yang mampu dipahami oleh Ahnaf

2. Mendalami ilmu tersebut dengan menggunakan berbagai sumber shahih

3. Menilai kemampuan Ahnaf untuk memperoleh skor perkembangannya

4. Mencatat segala hal yang disukai Ahnaf termasuk model pembelajaran

5. Menyusun kegiatan

6. Mengumpulkan media pembelajaran sebulan

dan paling penting,

7. Tekun dan konsisten memenej waktu. 

Tentu saja di atas semua itu aku perlu menjaga fisik dan emosi Ahnaf tetap aman. Tidak membuatnya tertekan. Oleh suasana hatiku ya, terutama. :) 

Omong-omong saat membaca tulisan tentang tujuan penciptaan manusia dan misinya, aku baru tersadar, rupanya misi hidup Ahnaf saat ini adalah membuat kami menjadi lebih bijaksana. Melatih kami mengontrol emosi, pandai mengatur waktu, dan kreatif dalam banyak hal. MasyaAllah. Kita sama-sama berusaha, ya nak, memperoleh kualifikasi seorang khalifah di muka bumi dari Pencipta yang Maha Penyayang. 

Baiklah, kurasa opening-nya sudah cukup. Langsung saja, ini dia perkembangan Ahnaf di usia 33 bulan ❤ 

1. Melafalkan surah Al Fatiha dan An Nas

Sesuatu yang luar biasa. Terus terang, aku tidak berekspektasi tinggi dengan hafalan. Meskipun aku tak menampik kalau aku punya harapan untuk itu. Yang kumaksud adalah tidak menjadikan hafalan sebagai goalsnya di usia dini. 

Tentu saja aku tetap memberikan Ahnaf stimulus lewat pendengaran. Ga ada ruginya kan Ahnaf sering mendengarkan firmanNya? Selama ini Ahnaf tidak pernah memintaku untuk menghentikan putaran murottal. Di waktu talqin saja dia kadang beralih ke aktivitas lain, dan aku tak pernah memaksanya tetap duduk mengikuti bacaanku. 


2. Berdoa Saat Keluar Rumah, Naik Kendaraan, dan Masuk WC

MasyaAllah... 😭 Anak kecilku yang biasanya nyosor aja kalau mau ke WC, kini bisa berhenti sejenak dulu untuk berdoa. Terutama saat keluar rumah. Tanpa kupandu, Ahnaf langsung membaca doa tersebut. 

Luar biasa kan anak kecil itu? Mereka benar-benar menyerap lingkungan sekitar. Semakin sering berulang apalagi ketika dia tahu tujuannya, akan Allah tanamkan kebiasaan itu dalam dirinya. 


3. Lagu Favorit :)

Kalian tahu Omar Hana, kan? Yang setiap episodenya pasti ada lagu baru. Nah, kupikir Ahnaf bakal fokus ke hikmah cerita wkwk udah kayak orang dewasa aja haha. Ternyata irama lagu yang cepet masuk di otaknya. 

Selain itu juga ada Tayo menghiasi pikiran Ahnaf. :) Aku sampai muak dengar lagunya saking seringnya diminta Ahnaf nyanyikan. 😭 

Dan terakhir, lagu hijaiyah. Sungguh aku tak masalah mau berapa kali pun Ahnaf mengulang lagu ini. Ada pelajaran didalamnya, kan, wkwk. Ga mau rugi deh. Pokoknya kegiatan yang dilakukan Ahnaf harus bermakna. 


4. Mengetahui Lambang 1,2,3 dengan Jari

Kaget sih haha. Saat itu aku lagi afirmasi ke Ahnaf kalau Allah itu satu. Dengan menggunakan jari aku ajak Ahnaf sebut Allahu ahad. Terus dia main-main nih. "Kalau dua?" Sambil angkat jari tangannya 2. 🤭 Juga 3, loh.  Alhamdulillah sekarang jari-jarinya mulai lentur. 


5. Mengenal huruf ba, 'ain, ghain, tho

Thanks to Diva dan Yufid Kids. Dengan rahmat dan luasnya pengetahuan Allah, Ahnaf bisa menyebutkan keempat huruf tersebut. Semoga lulus hijaiyah ya nak sebelum masuk 3 tahun insyaaAllah. Biar kita bisa menikmati sama-sama firmanNya yang tertulis indah dalam al Qur'an. 


6. Paham Situasi

Awalnya Ahnaf cuma megang hp kakeknya. Nah dia to the point aja bilang mau main hp, pas respon orang-orang pada "hah?!", Ahnaf otomatis ganti kalimat. "Mau belajar. Mau belajar bahasa Inggris." 😂


7. Kesukaan

Mobil-mobilan, pesawat, luar angkasa ❤


8. Menyebutkan nama lengkap semua anggota keluarga 


9. Menjanjikan Aku Hadiah Bila Marah

"Ummi diciptakan Allah. Dapat hadiah tuh. Baanyaaak." Allah mengingatkanku kesabaran melalui anakku yang ketakutan saat wajahku mulai mengeras karena marah. 💔