Berani Ikut Tantangan Menulis Tiap Hari? Join KLIP Aja!

Postingan ini dimaksudkan untuk memicu adrenalin, sekaligus menjadi reminder kalau aku pernah di posisi penuh semangat untuk menulis. Aku tahu banget menjaga konsisten itu ga pernah semudah nonton drama. Apalagi ini menulis. Melibatkan kepekaan dan imajinasi, memerlukan kemampuan mengingat dan menuangkan isi pikiran dalam tulisan.

Lalu, mengapa berani daftar kegiatan luar biasa ini? 

AKU PERLU MENANTANG DIRI. 

Aku perlu mengeksplor sejauh mana kemampuanku menjaga konsistensi menulis setiap hari. 😙

Ngomong-ngomong, kelas yang aku ikuti ini bernama KLIP atau Kelas Literasi Ibu Profesional. Dari namanya saja sudah terkesan exclusive banget, ya? Apalagi kalau berhasil lulus, insyaaAllah

Di kelas KLIP angkatan 2022, ada 4 tahapan agar berhasil wisuda. 

Pertama
Gerbang Kelas di sepanjang bulan Januari. Apabila sudah mendaftar, kita dianggap telah masuk ke sesi tersebut. Untuk lulus dari sesi ini, kita harus menyetorkan tulisan minimal 10 dengan jumlah kata tidak kurang dari 300. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan Good Badge atau ibaratnya perunggu. Ranking 3 gitu, lah.

Nah, biar lebih greget nulisnya, KLIP memberikan kesempatan untuk 99 penulis yang menyetor tulisan terbanyak di bulan Januari akan dimasukkan ke grup Telegram mereka. 

Apa yang menarik? 

Disitu, kita bisa menikmati bincang-bincang hangat tentang kepenulisan. Kalau boleh mengira-ngira, di grup itu kita mungkin bisa saling share tulisan dan memberi motivasi. Dan mungkin aja nih, bakal ada tips-tips nulis pula dari para Suhu. Glek. Jujur, pengen banget aku tuh!

Kedua
Kelas Persiapan selama bulan Februari sampai Maret. Di sesi ini, akan ada materi free writing, materi menulis sesuai PUEBI atau Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, menulis pengenalan diri, dan mengukur pentingnya keluarga dalam berkarya. Aku udah bertanya-tanya, akan menulis apa tentang materi terakhir? 🤔

Ketiga
Kelas Karya selama 8 bulan, mulai bulan April sampai November. Siap-siap untuk ditantang lebih oleh KLIP. Karena mereka mengklaim bahwa di kelas ini, kita akan diberi petunjuk untuk mengasah lebih dalam lagi 'passion' nulis. Mencari tahu, dimana kah jalur menulis kita? Apa di tulisan fiksi? Nonfiksi? Blog? Literasi Anak? Atau kesemua-muanya? Wkwk. 

Dan ga cuma itu aja. Kalau udah berhasil nemu jalur sendiri, kita bakal ditemenin KLIP menemukan tahapan menulis. Masih di tahap enjoy aja, kah, berhasil menghasilkan tulisan yang bermanfaat, atau bahkan menelurkan tulisan yang menghasilkan? Menghasilkan cuan tentunya. 

Wow! Bakal seperti apa, ya, kira-kira? Grrr. Greget banget rasanya pengen loncat di rentang bulan ini insyaaAllah, haha. 

Eh, tapi tunggu. Ada 1 kata yang membuat kepala cenat cenut seketika. Agar lulus dari kelas Karya, kita dipastikan harus menyetor SKRIPSI. :)

Krispi yang ga main-main renyahnya. :)

Dan benar aja, skripsi itu adalah kumpulan tulisan selama berada di kelas Karya dengan jumlah kata minimal 19.000. Temanya bebas, sih. Tapi aku masih ga kebayang, bagaimana misalnya kalau tulisan kita gado-gado? Ada kerupuk, lontong, sayur yang misalnya mau dijumlahin sesuai macamnya ga nyampai 19.000. :( 

Yah, pokoknya, siapin banyak tulisan berkategori sama. :)))

Ketiga
Dan akhirnyaaa, selamat! Bila kamu berhasil setor skripsi tepat waktu, kamu akan menginjakkan jari jemari di Kelas Bahagia pada awal bulan, yaitu tanggal 1 sampai 15 Desember. Kupikir kelas Bahagia adalah kelas offline dimana kita bakal berkumpul untuk wisuda. Ternyata masih tetap nulis, dong. Hahaha. 

Di kelas Bahagia kita menceritakan refleksi perjalanan bersama KLIP. Tujuannya, agar kita lebih bersemangat menghadapi tahun berikutnya, insyaaAllah

Selesai, deh!

Wah, wah. Menarik banget, ya, KLIP ini. Hebat banget para Ibu Profesional yang merancang kegiatan menulis untuk para perempuan, masyaaAllah. Perempuan bukan berarti tak berkarya. Meskipun di rumah mengurus kapten dan anak buah kapal, kita masih bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat luas. Seperti kegiatan menulis ini.

Jadi, permintaanku, segera lah bergabung di KLIP. Mumpung masih awal bulan. Besar peluang kita termasuk 99 orang beruntung. 🤭 Karena menulis itu butuh konsisten, kita sangat perlu komunitas yang sama agar tak pernah patah semangat menulis yang bermanfaat.

Sekian dariku yang mencintai tulisan. Semoga Allah mudahkan ikhtiar ini untuk berbagi kebaikan lebih luas. Informasi selanjutnya silakan klik website KLIP disini.
Back to Top